Langsung saya jawab saja: tidak ada yang baik, apa lagi untuk kitten dan puppy. Mari kita telaah nutrisinya satu-satu.

Susu Beruang

BEAR BRAND Milk | Indonesia Origin, View cheap popular milk Indonesia, BEAR  BRAND Product Details from XPORIA NAJAHINDO on Alibaba.com

Sebenernya, susu beruang ini paling mending dari yang lain. Alasannya bukan kayak yang kamu pikirkan. Susu beruang tidak bebas laktosa. Sama sekali ga ada klaim tersebut di kalengnya. Saya juga sudah pernah kontak CSnya Nestle, dan mereka jawab laktosa di susu beruang sama kayak susu sapi pada umumnya. Susu beruang juga tidak mengobati keracunan, tidak meningkatkan kekebalan tubuh, tidak mengobati demam. Sederhananya, susu beruang ini ga jauh beda dari susu UHT.

Balasan email Nestle

Terus, kenapa saya bilang paling mending? Ya, karena isinya susu sapi, tok. Tidak semua kucing mutlak tidak boleh minum susu sapi. Alasannya di sini. Tapi, tetap saja, susu sapi, atau beruang, tidak untuk semua kucing. Untuk kitten yang baru lahir, susu ini sama sekali bukan pengganti air susu induk kucing.

Walaupun kitten dan puppy bisa mencerna laktosa, profil nutrisi susu sapi sangat berbeda dengan susu kucing maupun anjing. Kadar lemak, protein, dan energi susu kucing kurang lebih dua kali lipat susu sapi. Sebagai perbandingan, setiap 100 gram susu kucing mengandung 121 kcal, sementara susu sapi hanya mengandung 65 kcal(1). Artinya, mereka harus minum 2 kali lipat susu sapi untuk mendapat nutrisi setara susu kucing, tapi ini tidak mungkin. Lambung mereka tidak akan muat. Mungkin mereka tidak mengalami masalah karena laktosa, tetapi kekurangan nutrisi akan mengganggu pertumbuhan dan kekebalan mereka. Mereka akan lebih kecil dan rentan sakit dibanding kucing yang mendapat nutrisi optimal.

Susu SGM Bebas Laktosa

SGM Bebas Laktosa LLM+ 0-12 Bulan 200g | Shopee Indonesia

Karena bebas laktosa, susu ini sering dijadikan pengganti susu kitten. Padahal, kitten sebenarnya tidak butuh susu bebas laktosa. Sebenarnya, tidak apa-apa juga sih kalau bebas laktosa. Susu ini menggunakan maltodekstrin, turunan pati tumbuhan yang dapat dicerna dengan cepat, sebagai sumber energi pengganti laktosa. Maltodekstrin aman diberikan untuk kucing dan anjing. Salah satu puppy milk replacer terpercaya, Royal Canin Puppy ProTech, juga menggunakan maltodekstrin. Masalahnya, kadar karbohidrat maltodekstrin dalam susu ini sangat tinggi: 7,9 gram per 100 ml susu. Sementara, susu sapi hanya mengandung karbohidrat laktosa 4 gram per 100 ml.

Tapi, bagaimana dengan nutrisi lainnya? Jika dilarutkan, 100 ml susu SGM Bebas Laktosa akan mengandung 61 kcal energi; 1,4 gram protein; dan 3,2 gram lemak. Sebagai perbandingan, 100 ml susu anjing dan kucing mengandung 146 kcal (anjing) 121 kcal (kucing) energi; 7,5 gram protein; 9,5 gram (anjing) 8,5 gram (kucing) lemak (1). Dari segi protein, pemberian susu ini lebih parah daripada susu sapi. Padahal, asupan protein sangat krusial dalam masa pertumbuhan. Kucing dan anjing lebih kecil dari manusia, tetapi pertumbuhan mereka jauh lebih cepat dari manusia. Kucing dan anjing mencapai usia dewasa dalam 10-18 bulan, sedangkan manusia belasan tahun. Tentu, susu manusia tidak cocok untuk memenuhi nutrisi kucing dan anjing.

Susu Kambing

Image by Capri23auto from Pixabay

Susu kambing juga sering dicanangkan sebagai pengganti susu kucing dan anjing karena katanya rendah laktosa. Entah ini info dari mana, tapi info tersebut salah. Susu kambing mengandung laktosa 4,0 gram per 100 ml (1) — lebih sedikit dari susu sapi, hampir sama dengan susu anjing, lebih banyak dari susu kucing. Dari segi nutrisi lainnya, kandungannya mirip dengan susu sapi, sama-sama tidak mencukupi kebutuhan nutrisi kitten dan puppy.

Pada kucing dan anjing dewasa, ada pula tren memberikan susu kambing mentah (raw goat milk). Sama halnya dengan susu sapi mentah, susu kambing mentah berpotensi menyebabkan penyakit pada yang mengonsumsi, misalnya melalui bakteri Staphylococcus aureus virulen dan virus tick-borne encephalitis (2,3). Sebaiknya, susu dipasteurisasi atau disterilisasi terlebih dahulu.

Susu Kedelai

Image by bigfatcat from Pixabay

Lagi-lagi, ide ini muncul karena mitos anak kucing tidak bisa mencerna laktosa. Susu kedelai (atau, lebih akuratnya, ekstrak kedelai), memang tidak mengandung laktosa, tetapi juga tidak mengandung berbagai nutrisi penting bagi kitten dan puppy. Susu kedelai hanya mengandung 43 kcal per 100 ml, hanya sepertiga kebutuhan kucing dan anjing (4). Selain itu, karena sumbernya nabati, profil nutrisinya juga berbeda dari susu sungguhan yang berasal dari hewan. Sumber protein nabati tidak selengkap protein hewani. Kacang kedelai sendiri memiliki kadar asam amino sulfur, metionin dan sistein, yang rendah. Metionin adalah asam amino esensial, harus ada dalam jumlah yang cukup dalam makanan anjing dan kucing karena tubuh tidak sanggup memproduksi sendiri. Asam amino ini digunakan dalam sintesis taurin pada anjing.

Jadi, susu apa yang boleh diberikan ke anjing dan kucing?
Anjing dan kucing dewasa idealnya diberikan susu sapi bebas laktosa, tetapi produk seperti ini masih jarang di Indonesia. Boleh saja memberikan susu sapi murni, asal pencernaan mereka sanggup mencerna laktosa.

Bagaimana dengan kitten dan puppy?
Kitten dan puppy yang sudah disapih tidak perlu diberi susu. Yang baru lahir idealnya mendapat susu dari induk yang melahirkan.

Jika tidak memungkinkan, misal induknya meninggal atau tidak bisa menyusui, titipkan pada induk lain. Idealnya, dilakukan pengecekan golongan darah dulu. Untuk kucing Domestic Short Hair yang kebanyakan bergolongan darah A, mungkin tidak masalah, tetapi ras tertentu, seperti British Short Hair atau Devon Rex yang banyak bergolongan darah B, anak golongan darah A yang menyusu pada induk golongan darah B bisa berakibat fatal. Antibodi dalam susu induk dapat menyerang sel darah anak dan menyebabkan kematian.

Alternatif lain adalah memberikan susu pengganti khusus kucing atau anjing (kitten/puppy milk replacer) yang biasa dijual di pet shop atau klinik. Susu khusus ini sudah diformulasikan agar profil nutrisinya sesuai dengan kebutuhan anak kucing dan anjing. Owner juga harus telaten menyusui beberapa jam sekali, seperti induk kucing asli menyusui anaknya.

Kepepet, nih! Ga bisa ke pet shop, tapi ada anak kucing masih merah. Gimana dong?
Dalam keadaan emergensi, bisa pakai resep berikut (5). Tapi, ini hanya resep emergensi, bukan untuk dipakai jangka panjang!

250 ml susu sapi
3 kuning telur, dipanaskan
1 tetes multivitamin oral
1 sendok makan minyak jagung
sejumput kecil garam
Dicampur hingga rata dan cair semuanya. Panaskan hingga suhu tubuh. Masukkan ke kulkas jika tidak digunakan.

Referensi

1.        Gross KL, Becvarova I, Debraekeleer J. Feeding Nursing and Orphaned Kittens from Birth to Weaning. In: Hand MS, Thatcher CD, Remillard RL, Roudebush P, Novtony BJ, Lewis LD, editors. Small Animal Clinical Nutrition, 5th Edition. Topeka, KS: Mark Morris Institute; 2010.
2.        Ilic M, Barbic L, Bogdanic M, Tabain I, Savic V, Kosanovic Licina ML, et al. Tick-borne encephalitis outbreak following raw goat milk consumption in a new micro-location, Croatia, June 2019. Ticks Tick Borne Dis [Internet]. 2020;11(6):101513. Available from: https://doi.org/10.1016/j.ttbdis.2020.101513
3.        Qian W, Shen L, Li X, Wang T, Liu M, Wang W, et al. Epidemiological characteristics of Staphylococcus Aureus in raw goat milk in Shaanxi Province, China. Antibiotics. 2019;8(3).
4.        US Department of Agriculture. Soy Milk (Survey (FNDDS), 1097542) [Internet]. FoodData Central. 2020. Available from: https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1097542/nutrients
5.        Lawler DF. Neonatal and pediatric care of the puppy and kitten. Theriogenology. 2008;70(3):384–92.

One thought on “Susu Beruang, Susu SGM, Susu Kedelai, Mana yang Baik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s