Sebagai salah satu suplemen kucing yang paling banyak ditemui di pet shop, sebenarnya apa itu lysine? Apa manfaatnya?

Lysine adalah salah satu asam amino esensial untuk kucing. Asam amino adalah komponen pembentuk protein. Lysine sendiri digunakan dalam sintesis hampir semua protein tubuh. Tubuh kucing tidak bisa memproduksi cukup lysine sendiri, sehingga mereka perlu lysine dari makanannya. Lysine bisa didapat dari daging dan kacang-kacangan, tetapi jumlahnya sedikit dalam serealia, seperti jagung. Sayangnya, lysine adalah asam amino yang paling mudah dirusak oleh reaksi Maillard karena pemanasan, tetapi ini untuk bahasan lain.

Umumnya, lysine sudah ada dalam pet food komersil dalam jumlah yang dibutuhkan, sehingga tidak perlu penambahan lysine dari luar. Namun, tetap saja banyak yang menganjurkan pemberian lysine tambahan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat lysine yang sering disebutkan:

Menambah nafsu makan
Tidak ada bukti ilmiah untuk ini, tapi gini: lysine adalah asam amino esensial. Tanpa lysine, beberapa fungsi fisiologis tubuh, seperti pembentukan jaringan dan produksi karnitin (zat untuk pembakaran lemak), dan fungsi hati akan terganggu. Jika kucing mengalami kekurangan lysine, ia akan jatuh sakit, dan mungkin tidak nafsu makan. Jadi, logikanya terbalik di sini. Lysine tidak menambah nafsu makan, tetapi terlalu sedikit lysine bisa mengurangi nafsu makan.

Bikin gemuk kucing
Mengesampingkan fakta bahwa kebanyakan kucing sudah terlalu gemuk dan tidak perlu dibuat gemuk, ini juga tidak tepat. Mungkin masih berkaitan dengan klaim lysine menambah nafsu makan, ya. Kalau nafsu makan bertambah, kucing makan banyak dan tambah gemuk, tetapi nyatanya, kan, tidak begitu. Lysine sendiri sebenarnya sama seperti protein dan karbohidrat, mengandung sekitar 4 kcal per gram. Tidak terlalu banyak, dibandingkan lemak yang mengandung 9 kcal per gram. Lebih masuk akal rasanya, kalau menggemukan kucing dengan minyak goreng (Jangan.) Kucing yang underweight dan butuh menaikkan berat badan bisa diberi makanan tinggi kalori, seperti makanan kitten, atau suplemen energi, seperti Nutriplus Gel. Untuk kasus seperti ini, lebih baik konsultasikan rencana nutrisi hewan dengan dokter hewan yang menangani.

Immune Booster
Istilah immune booster atau penambah imun ini sebenarnya sering dianggap omong kosong dalam dunia kedokteran. Sistem imun itu bukan seperti meteran listrik yang bisa dinaik-turunkan. Sistem imun terdiri dari berbagai komponen: sel, sitokin, antibodi, organ, yang beragam jenis dan fungsinya, tergantung apa yang dihadapi tubuh. Sistem imun yang tidak aktif tidak baik, tetapi terlalu aktif juga tidak baik. Ketika ada yang menggunakan istilah immune booster, patut dipertanyakan, memang apa yang dinaikkan?

Sistem imun yang baik dicapai dengan makanan yang lengkap dan seimbang, gaya hidup yang baik, dan vaksinasi, bukan dengan berbagai obat herbal dan suplemen. Klaim lysine sebagai immune booster ini mungkin ada hubungannya dengan klaim lysine sebagai…

Obat Herpesvirus (FHV-1) kucing
FHV-1 ini sering dikenal sebagai penyakit flu kucing. Kucing yang terserang mengalami flu, meler, sesak napas, dan mata berair. Sebenarnya, vaksin FHV-1 ini sudah termasuk dalam vaksinasi pertama kucing. Untuk bertahan hidup, virus harus hidup dalam sel dan bereplikasi, membuat partikel-partikel virus baru. Salah satu bahan baku untuk membuat virus baru ini adalah asam amino arginin. Nah, di sinilah peran lysine muncul.

Lysine dan arginin adalah asam amino antagonis, karena struktur mereka mirip. Teorinya, pemberian lysine akan mengurangi ketersediaan arginin di sel tubuh, sehingga virus tidak bisa bereplikasi. Kenyataannya, teori ini cuma teori yang tidak didukung bukti ilmiah tidak mendukung. Tahun 2015, suami istri virolog di Belanda melakukan systematic review terhadap penggunaan lysine dan FHV-1. Mereka mengumpulkan semua penelitian yang sudah dilakukan mengenai topik ini, kemudian menggabungkannya dalam satu tulisan. Menurut temuan mereka, lysine tidak mengurangi kadar arginin dalam darah maupun replikasi virus pada kucing. Lysine juga tidak mengurangi tingkat keparahan dan penularan FHV-1 pada kucing. Hasil ini mengejutkan, karena sebelumnya lysine sangat sering digunakan oleh dokter hewan dalam menangani flu kucing.

Berdasarkan paparan di atas, saya rasa tidak ada gunanya memberi lysine pada kucing.

Tapi, apakah ada efek sampingnya?
Pertama, tentu buang-buang uang untuk hal yang tidak ada gunanya, walaupun lysine tidak mahal. Protein berlebih (termasuk lysine) hanya akan diproses menjadi glukosa atau lemak, sedangkan gugus amino yang menjadikannya protein akan dibuang lewat urin sebagai urea.

Kemungkinan paling parah, tetapi juga sangat kecil kemungkinan, akan terjadi kekurangan arginin di tubuh kucing. Ketika pemberian lysine naik, kebutuhan asam amino antagonisnya, yaitu arginin, akan naik juga. Arginin berperan dalam siklus urea, di mana amonia, zat beracun hasil metabolisme protein, diolah untuk dibuang di urin. Kekurangan arginin akan menaikkan kadar amonia darah. Ini dapat berakibat fatal dalam hitungan jam.

Sebenarnya, efek samping yang ditimbulkan cenderung aman-aman saja, tetapi saya tidak menyarankan penggunaan lysine. Sebaiknya, selalu konsultasikan suplemen yang hendak diberikan ke kucing ke dokter hewan.

Referensi

1.        EFSA Panel on Dietetic Products N and A (NDA). Scientific Opinion on the substantiation of health claims related to L-lysine and immune defence against herpes virus (ID 453), maintenance of normal blood LDL-cholesterol concentrations (ID 454, 4669), increase in appetite leading to an increase in energ. EFSA J [Internet]. 2011 Apr 1;9(4):2063. Available from: https://doi.org/10.2903/j.efsa.2011.2063
2.        Bol S, Bunnik EM. Lysine supplementation is not effective for the prevention or treatment of feline herpesvirus 1 infection in cats: A systematic review. BMC Vet Res [Internet]. 2015;11(1). Available from: http://dx.doi.org/10.1186/s12917-015-0594-3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s