Mungkin, Nutri-plus gel (NPG) adalah suplemen paling terkenal di kalangan pemilik kucing. Secara, kualitas NPG jelas tidak diragukan. Yang memproduksi adalah Virbac, perusahaan yang kredibel di bidang kesehatan hewan. Yang jadi pertanyaan, apakah pemberiannya sudah dilakukan dengan tepat?

Sebenarnya, apa itu Nutriplus Gel?

Nutriplus gel adalah suplemen energi. Karena itu, NPG sebenarnya diindikasikan untuk hewan yang butuh tambahan energi, karena kandungan energinya cukup tinggi. Menurut Virbac, NPG cocok diberikan, misalnya untuk:

  1. Kitten dan puppy. Hewan dalam masa pertumbuhan butuh energi lebih untuk pembentukan jaringan dan menunjang aktivitas mereka.
  2. Induk hamil dan menyusui. Ini adalah tahapan hidup yang butuh energi dan nutrisi ekstra, karena si induk harus memberi makan diri sendiri dan anak-anaknya.
  3. Anjing pekerja. Mereka butuh energi ekstra karena aktivitas tinggi.
  4. Hewan sakit dan tidak nafsu makan. Saat sakit, tubuh butuh energi untuk memperbaiki kerusakan, tetapi biasa hewan tidak nafsu makan. NPG dapat diberikan karena energi yang tinggi dan rasa yang disukai hewan.
  5. Hewan underweight. Mereka butuh ekstra kalori untuk menambah berat badan.

Ada apa saja dalam NPG?

Virbac Nutri Plus Gel Nutritional Supplement for Dogs and Cats,  Incorporating Essential Vitamins, Minerals and Trace Elements. 4 1/4 Oz  (120.5 Grams).- Buy Online in Grenada at grenada.desertcart.com. ProductId  : 24687862.

Kandungan utama NPG adalah lemak (35%) dan karbohidrat (49%). Kadar lemak tinggi membuat NPG sangat tinggi energi: 5,9 kcal per gram. Sebagai perbandingan, dry food biasanya mengandung 3,5-4,5 kcal/gram. Protein ada, tetapi sangat sedikit, hanya 1,5%, jadi memang NPG tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber makanan. NPG juga dilengkapi beberapa jenis vitamin dan mineral. Kadarnya masih sangat aman dan jauh dari dosis maksimum, tetapi sebenarnya, untuk hewan sehat dan mau makan sendiri, vitamin dan mineral sudah didapatkan dari dry food.

Ada apa saja dalam NPG?
Ini tergantung tujuan pemberiannya, tetapi Virbac sendiri menyarankan 1-2 sendok teh per hari untuk hewan seberat 5 kg yang membutuhkan. Hewan sehat sebenarnya tidak butuh NPG, tetapi boleh saja jika pemilik ingin memberi NPG sebagai treat. Treat sebaiknya tidak melebihi 10% kebutuhan kalori harian. Untuk kucing seberat 5 kg dengan kebutuhan 250 kcal per hari, 10% kalori berarti 25 kcal, setara dengan 4 gram NPG per hari. Bingung berapa kebutuhan kalori peliharaanmu? Klik di sini.

One thought on “Suplemen: Virbac Nutri-plus Gel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s