Mengasuh kucing sakit bisa jadi lebih susah daripada merawat anak karena kucing tidak bisa mengadu kalau merasa sakit. Padahal, sangat penting untuk mengetahui apabila kucing merasakan sakit agar bisa diperiksakan ke dokter hewan dan ditangani selagi belum ada gejala yang lebih parah. Untungnya, kucing yang sakit umumnya menunjukkan bahasa tubuh tertentu yang bisa kita baca. Saat ini, sudah ada beberapa alat ukur rasa sakit pada kucing yang tervalidasi dan bisa digunakan pemilik hewan maupun dokter hewan. Dengan memperhatikan wajah dan tubuh kucing, kita bisa mengetahui seberapa besar rasa sakit yang dialami kucing dan memberi penanganan yang semestinya.

Feline Grimace Scale (FGS) adalah salah satu alat ukur yang bisa digunakan. Alat ukur terbaru ini dikembangkan oleh peneliti di Université de Montréal (1). Lima puluh ekor kucing sakit di unit gawat darurat rumah sakit hewan direkam dan diamati wajahnya. Pengamatan ini meliputi pengukuran komponen di wajah dan telinga kucing. Setelah itu, alat ukur divalidasi dengan melibatkan beberapa ahli. Proses validasi memastikan bahwa FGS benar-benar mengukur apa yang hendak diukur — yaitu rasa sakit — dan hasil pengukurannya konsisten walau digunakan berbeda orang dan waktu.

Feline Grimace Scale Fact Sheet dari www.felinegrimacescale.com/

Dalam menggunakan FGS, ada lima komponen pada ekspresi kucing yang perlu diperhatikan. Masing-masing komponen ini diberi skor 0, 1, atau 2. Skor 0 berarti tidak ada rasa sakit, sedangkan skor 1 dan 2 menandakan adanya rasa sakit. Skor 2 menandakan rasa sakit yang lebih parah.

  • Telinga kucing yang tidak merasa sakit berdiri tegak. Kucing yang merasa sakit akan memutar dan memiringkan telinganya ke samping.
  • Mata kucing yang tidak merasa sakit umumnya terbuka lebar. Kucing akan memicingkan mata jika merasa sakit. Semakin kecil mata kucing terbuka, semakin besar sakit yang dirasakan.
  • Moncong (area yang ditumbuhi kumis) kucing akan terlihat relaks dan bulat jika tidak merasa sakit. Moncong akan tertarik, tegang, dan berbentuk lebih lonjong jika kucing merasa sakit.
  • Kumis kucing yang tidak merasa sakit akan relaks dan mengarah ke bawah. Kumis kucing yang merasa sakit cenderung menegang dan mengarah lurus atau ke atas.
  • Kucing yang tidak merasa sakit akan menegakkan kepalanya lebih tinggi dari garis bahu. Semakin besar rasa sakit yang dialami kucing, kucing akan semakin merundukkan kepalanya di bawah garis bahu.

Total skor yang bisa diperoleh adalah 10. Jika kucing mendapat skor FGS lebih tinggi dari 4/10, kucing tersebut merasakan sakit dan perlu penanganan dari dokter hewan. Dokter hewan akan memberi obat penghilang rasa sakit, tetapi juga memeriksa dan menentukan apa yang salah pada si kucing.

Memang tidak mudah menentukan skor FGS pertama kali, terutama menilai rasa sakit pada moncong dan kumis (2). Namun, FGS ternyata tetap bisa digunakan dengan baik oleh pemilik hewan, walaupun tidak seakurat penggunaan oleh dokter hewan. Sebelum kucingmu sakit, kamu bisa berlatih menilai rasa sakit pada berbagai kucing di sini.

Selain komponen FGS, kucing bisa menunjukkan banyak tanda lain apabila sakit, seperti posisi membungkuk, tidak mau bergerak, cemas, bersembunyi, menjadi agresif, mengeluarkan suara, dan tidak mau makan (3). Jika kucingmu mengalami tanda-tanda ini, jangan ragu untuk membawanya ke dokter hewan!

Referensi
1.        Evangelista MC, Steagall P V. Agreement and reliability of the Feline Grimace Scale among cat owners, veterinarians, veterinary students and nurses. Sci Rep [Internet]. 2021;11(1):1–9. Available from: https://doi.org/10.1038/s41598-021-84696-7

2.        Evangelista MC, Watanabe R, Leung VSY, Monteiro BP, O’Toole E, Pang DSJ, et al. Facial expressions of pain in cats: the development and validation of a Feline Grimace Scale. Sci Rep. 2019;9(1):1–11.

3.        Steagall P V. Analgesia: What Makes Cats Different/Challenging and What Is Critical for Cats? Vet Clin North Am – Small Anim Pract. 2020;50(4):749–67.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s