Admin txtdaripetfood adalah seorang sarjana kedokteran hewan yang kebetulan memelihara marmut (Nyunyu dan Nyutwo, pada gambar di atas) dan memiliki ketertarikan khusus terhadap ilmu nutrisi hewan. Di luar itu, blog ini juga membahas kesejahteraan hewan dan imunologi, tetapi karena saya tidak pintar-pintar amat di bidang tersebut, saya cuma akan bahas sesekali dan hal-hal mendasar saja. Khusus imunologi, saya bahas karena terlalu banyak miskonsepsi tentang kerja sistem imun hewan (dan manusia) di luar sana yang berpotensi merugikan kesehatan dan dompet pemilik hewan. Saya juga punya kredensial sebagai Fear-Free certified professional (cek Resources untuk info lebih lanjut).

Blog ini dibuat agar ilmu nutrisi hewan peliharaan bisa diakses dengan mudah oleh pemilik hewan di Indonesia. Kemudahan akses yang saya maksud bukan cuma soal mudah klik websitenya, tetapi bagaimana ilmu nutrisi dan kesehatan hewan yang berbasis bukti ilmiah dapat dipahami oleh pemilik hewan tanpa latar belakang kedokteran (hewan).

Isi blog ini tentu tidak lepas dari prinsip yang saya, penulisnya, anut (dan mungkin berbeda dengan yang Anda anut) soal pelayanan kesehatan hewan yang ideal:

  • Science-based: bahwa penerapan pelayanan kesehatan hewan harus sejalan dengan prinsip saintifik dan bukti ilmiah yang paling kuat dan aktual, dengan selalu mempertimbangkan kemampuan penyedia layanan (dokter hewan), faktor individual pasien, dan nilai/prinsip yang dianut klien (pemilik hewan) (pelajari lebih lanjut). Artinya, saya (dan blog ini) memang akan sering skeptis pada suplemen dan moda pengobatan alternatif.
  • Compassionate: bahwa pelayanan kesehatan hewan, yang tujuannya menyehatkan fisik hewan, harus dilakukan sambil memastikan kesejahteraan mental hewannya juga. Pelaksanaan pelayanan kesehatan hewan harus berupaya mengurangi rasa sakit, takut, cemas, dan stres hewan yang ditangani selama prosesnya.
  • Inclusive: bahwa pemilik hewan berhak mendapat penjelasan yang rasional untuk setiap tindakan yang dilakukan terkait kesehatan hewan peliharaannya sendiri, serta diikutsertakan dalam pengambilan keputusan (dengan tingkat keterlibatan yang mungkin berbeda dalam setiap kasus).

Sebelum membaca lebih jauh, harap pahami bahwa:

  • Isi blog ini hanya untuk penggunaan dan informasi umum, dan tidak untuk menggantikan konsultasi langsung dengan dokter hewan penanggung jawab yang memeriksa hewan peliharaan Anda secara langsung. Jika ada keraguan, ikuti arahan dokter hewan penanggung jawab hewan peliharaan Anda.
  • Tidak ada jaminan bahwa informasi di blog ini sepenuhnya benar, aktual, lengkap, atau sesuai dengan kondisi hewan peliharaan Anda. Ilmu pengetahuan senantiasa mengoreksi diri sendiri, dan kemampuan saya untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut mungkin terbatas.
  • Isi blog ini boleh digunakan, dengan izin dan atribusi kredit yang benar. Silakan gunakan form di halaman Kontak untuk urusan tersebut.
  • Blog ini mungkin memuat tautan ke website lain. Ini tidak berarti dukungan dan saya tidak bertanggung jawab atas isi website lain tersebut.