Processing…
Success! You're on the list.

Seberapa Sulit Memberi Obat ke Kucing?

Seorang pemilik kucing hampir dipastikan pernah harus memberi obat ke kucingnya, bukan hanya obat untuk menyembuhkan kucing sakit, tetapi juga obat-obatan untuk pencegahan penyakit maupun suplemen. Beda dengan manusia yang bisa diajarkan untuk makan obat sendiri, kucing tidak bisa disuruh memasukkan pil ke mulut, lalu menelannya dengan bantuan seteguk air. Kucing tidak bisa diajak bekerjasama … Continue reading Seberapa Sulit Memberi Obat ke Kucing?

Feline Asthma: Kucing Juga Bisa Bengek?

Sama seperti manusia, kucing juga bisa terkena asma. Bahkan, kucing adalah satu-satunya hewan domestik yang diketahui bisa terkena asma. Asma bukan penyakit yang langka di kucing; prevalensinya diperkirakan sekitar 1% sampai 5%. Artinya, 1 dari 20 sampai 100 kucing berisiko mengalami asma. Sayangnya, kondisi ini sering tidak terdiagnosis dengan baik, padahal asma dapat menurunkan kualitas … Continue reading Feline Asthma: Kucing Juga Bisa Bengek?

Anjing dan Kucing Vegetarian, Memang Bisa?

Meskipun sebagian besar manusia adalah omnivora, tidak sedikit yang mengadopsi pola konsumsi makanan plant-based. Ada yang sekadar mengurangi konsumsi produk hewan; ada yang tidak mengonsumsi daging, tetapi masih mengonsumsi telur dan/atau susu (vegetarian); ada yang tidak mengonsumsi produk asal hewan sama sekali (vegan). Di Amerika Serikat, satu survei memperkirakan bahwa 5% penduduk adalah vegetarian dan … Continue reading Anjing dan Kucing Vegetarian, Memang Bisa?

Pertanyaan Seputar Nutrisi dan Kesehatan Gigi Hewan

Kesehatan gigi anjing dan kucing erat kaitannya dengan nutrisi. Iyalah, soalnya apa yang dimakan mereka, itulah yang ketemu sama gigi dan mulut. Sayangnya, masih banyak hal yang simpang siur kebenarannya ketika ngomongin ini. Kadang, pemilik hewan jadi bingung mana yang boleh, mana yang tidak boleh; apa yang harus dilakukan, apa yang tidak perlu; mana yang … Continue reading Pertanyaan Seputar Nutrisi dan Kesehatan Gigi Hewan

Ada Apa dalam Obat Pet Shop?

Beberapa waktu lalu, timeline Twitter saya cukup ramai karena polemik obat pet shop. Ceritanya, akun @drhngepodcast ngetwit list obat-obatan yang ga direkomendasikan untuk dipakai karena ga jelas. Ternyata, twit tersebut ramai, nyampe ke mana-mana, termasuk ke orang-orang yang ga follow @drhngepodcast dan beberapa dokter hewan yang sering ngomongin obat-obatan ini di Twitter. Beberapa ada yang … Continue reading Ada Apa dalam Obat Pet Shop?

"It's the little things... like Jimmy peeing outside" by Kerri Lee Smith is licensed under CC BY-NC-SA 2.0

Kucing Pipis Sembarangan, Harus Apa?

Pipis sembarangan sebenarnya bukan masalah bagi kucing. “Sembarangan” adalah persepsi manusia, tetapi dari sudut pandang kucing, perilaku tersebut normal-normal saja. Sayangnya, pipis sembarangan bisa jadi masalah besar jika dirasa sangat mengganggu bagi pemiliknya. Banyak kasus kucing ditelantarkan ke shelter karena pemiliknya tidak tahan. Kalau tidak separah itupun, pipis sembarangan bisa merusak hubungan kucing dan pemilik, … Continue reading Kucing Pipis Sembarangan, Harus Apa?

Sains dan Penelitian Terkini soal Raw Food, Bagian 1

Kebenaran dalam sains kesehatan jarang sekali hitam putih, tetapi sering abu-abu — bisa abu-abu terang ataupun abu-abu gelap. Termasuk kalau ngomongin cara memberi makan, tidak ada cara yang paling benar antara makanan komersil atau buatan sendiri, mentah atau dimasak, kering, atau basah. Ini normal saja. Bentuk sediaan makanan tidak terlalu penting. Yang penting, makanan tersebut … Continue reading Sains dan Penelitian Terkini soal Raw Food, Bagian 1

Apakah Kucing dan Anjing Senior Butuh Diet Khusus?

Dalam satu survey tahun 2011 di Amerika Serikat, 42,8% pemilik anjing senior mengaku memberi makan anjing mereka makanan senior. Sejauh ini, tidak ada aturan baku tentang standar nutrisi hewan senior tua atau senior, berbeda dengan hewan dewasa atau masa pertumbuhan (kitten dan puppy). Lantas, standar nutrisi yang digunakan dalam makanan senior sebenarnya tidak terstandar, tetapi … Continue reading Apakah Kucing dan Anjing Senior Butuh Diet Khusus?

Pertanyaan dan Jawaban seputar Vaksinasi Kucing dan Anjing

Apa itu vaksinasi?Secara tradisional, vaksin berisi virus yang dimatikan atau dilemahkan sehingga tidak bisa menyebabkan sakit. Beberapa vaksin yang lebih modern menggunakan partikel virus (bukan virus utuh), teknologi rekombinan, vektor viral (menggunakan virus lain sebagai pembawa), mRNA, tetapi vaksin anjing dan kucing di Indonesia umumnya berupa virus yang dimatikan dan dilemahkan saja. Pemberian vaksin umumnya … Continue reading Pertanyaan dan Jawaban seputar Vaksinasi Kucing dan Anjing

Scruffing atau Jangan Scruffing? Kata Sains soal Handling Kucing

Pada beberapa spesies hewan, induk secara alami “menggendong” dan memindahkan anaknya dengan menggigit kulit bagian tengkuk, atau sering disebut scruffing. Kucing termasuk spesies yang berperilaku demikian. Ternyata, bukan cuma bayi kucing yang sering dipindahkan dengan scruffing. Kucing dewasa cuma demikian, tetapi bedanya, bukan induk kucing yang melakukannya, melainkan manusia, baik itu pemilik kucing, groomer, mas-mas pet shop, atau dokter hewan.

Animal Communicator dan Ilmu Kognisi Hewan

Saya sudah bahas keilmiahan animal communicator melalui beberapa aspek fundamental sains. Kali ini, anggaplah ancom betul-betul ilmiah, maka tidak mungkin ancom bertentangan dengan pengetahuan kita soal perilaku dan kognisi hewan yang sudah kita ketahui (terima kasih, peneliti!). Seandainya pun hewan dapat berkomunikasi dengan manusia dua arah, sebagaimana dipahami oleh ancom, hewan tetaplah hewan. Perilaku dan … Continue reading Animal Communicator dan Ilmu Kognisi Hewan

Animal Communication: Saintifik atau Tidak?

Saya sebetulnya bingung kalau mau bahas animal communication (ancom). Sebelumnya, ancom yang saya maksud adalah fenomena manusia berkomunikasi dengan hewan melalui alam bawah sadar, nonverbal, intuisi, dan semacamnya — intinya suatu jalur yang tidak bisa diamati dengan kelima indra, bukan ilmu perilaku hewan, komunikasi antarhewan, atau sains human-animal bond atau antrozoologi. Saya bingung karena begitu … Continue reading Animal Communication: Saintifik atau Tidak?

Apakah Pemberian Kolagen Bermanfaat untuk Hewan?

Kolagen adalah salah satu tren makanan manusia yang ikut terbawa ke hewan peliharaan. Seperti kebanyakan suplemen, banyak informasi yang dilebih-lebihkan dalam marketing kolagen. Mengenal kolagenKita semua (termasuk anjing dan kucing) punya kolagen yang sangat banyak di tubuh kita, terutama di tulang, tendon (pertautan otot dengan tulang), ligamen (pertautan tulang dengan tulang), dan kulit. Kolagen adalah … Continue reading Apakah Pemberian Kolagen Bermanfaat untuk Hewan?

Kolostrum untuk Kucing dan Anjing: Kapan Perlu dan Tidak Perlu?

Hype kolostrum bukan hanya naik panggung di pasar kesehatan manusia, tetapi juga hewan peliharaan. Sayangnya, masih banyak kesalahpahaman soal kolostrum. Kolostrum memang berguna, bahkan sangat penting, dalam keadaan tertentu, tetapi kolostrum yang penting ini sangat berbeda dengan kolostrum yang banyak dijual. Kolostrum yang dijual justru lebih sering tidak berguna.

Waspada Diagnosis Palsu Alergi

Lupakan mesin-mesin canggih. Mendiagnosis alergi pada kucing dan anjing tidak butuh alat khusus apapun. Kebanyakan alat diagnosis alergi justru tidak berguna. Sayangnya, ini tidak berarti diagnosis alergi adalah hal yang mudah. Diagnosis alergi, apalagi alergi lingkungan, justru sangat kompleks.

FIP: Ketika Sistem Imun Mencelakakan

Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah mimpi buruk pemilik kucing (dan dokter hewan yang menangani kucingnya). Sampai beberapa tahun terakhir, diagnosis FIP sama saja vonis mati karena FIP tidak ada obatnya. Namun, sekitar 3 tahun terakhir, mulai muncul harapan. FIP ada obatnya, tetapi kenyataannya tetap tidak seindah itu. Pertama, obat tersebut masih sulit didapat karena masalah … Continue reading FIP: Ketika Sistem Imun Mencelakakan

Sudah Amankah Fosfor dalam Makanan Hewanmu?

Saya sering dengar mitos kalau makanan kucing yang aman itu kadar magnesiumnya di bawah 0,09%. Di atas itu, makanan dianggap berpotensi menyebabkan FLUTD. Saya sudah bahas kenapa ini mitos di artikel ini. Daripada mempermasalahkan magnesium, ada mineral yang lebih bisa “membahayakan” saluran kemih, yaitu fosfor. Fosfor mungkin tidak seterkenal magnesium, tetapi fosfor juga bisa berperan … Continue reading Sudah Amankah Fosfor dalam Makanan Hewanmu?

Bolehkah Memberi Imboost ke Hewan?

Imboost adalah suplemen imun yang cukup terkenal di Indonesia. Walaupun Imboost adalah suplemen manusia dan cuma terdaftar untuk manusia, Imboost juga sering diberikan ke hewan. Praktik ini tidak lepas dari kontroversi, tetapi saya coba kumpulkan data dari berbagai sumber ilmiah sebelum menyimpulkan: bolehkan ngasih Imboost ke hewan? Dan adakah manfaatnya?

Kenali Rasa Sakit Kucing dari Wajahnya

Mengasuh kucing sakit bisa jadi lebih susah daripada merawat anak karena kucing tidak bisa mengadu kalau merasa sakit. Padahal, sangat penting untuk mengetahui apabila kucing merasakan sakit agar bisa diperiksakan ke dokter hewan dan ditangani selagi belum ada gejala yang lebih parah. Untungnya, kucing yang sakit umumnya menunjukkan bahasa tubuh tertentu yang bisa kita baca. Dengan memperhatikan wajah dan tubuh kucing, kita bisa mengetahui seberapa besar rasa sakit yang dialami kucing dan memberi penanganan yang semestinya.

Pusing dengan Kentut Hewanmu?

Beberapa hari yang lalu, saya iseng bertanya pada teman-teman di twitter saya apakah kucing mereka suka kentut. Ternyata, banyak juga yang menjawab iya, baik yang kentutnya bau atau tidak, tetapi tidak semua. Ada yang kucingnya tidak pernah kentut, bahkan ada yang baru tahu kucing bisa kentut. Kucing memang bisa kentut, tapi lebih jarang dari anjing. … Continue reading Pusing dengan Kentut Hewanmu?

Mitos Jamur pada Hewan: Suntik Jamur

Beberapa orang mengobati jamur dengan kunyit, tapi buat sebagian orang, mengobati jamur kulit (dermatofita) pada hewan belum afdal kalau disuntik. Rasanya, ada yang kurang kalau sekadar diberi obat oles dan obat makan. Atau mungkin, pemilik mencari alternatif suntik karena kesulitan memberi makan obat ke hewannya. Beberapa penyedia layanan kesehatan hewan (dokter hewan dan dokter-dokteran) juga menyediakan jasa suntik jamur. Di sisi lain, banyak juga dokter hewan yang bilang bahwa suntik jamur itu tidak ada. Bagaimana fakta sebenarnya?

Mitos Jamur pada Hewan: Kunyit

Jamuran adalah penyakit kulit langganan di kucing dan anjing. Saking langganannya, beberapa orang jadi kreatif mencari cara mengobati kucingnya dengan cara apa pun selain ke dokter hewan. Cara demikian yang paling umum adalah virgin coconut oil (VCO), yang sudah pernah saya bahas, dan kunyit, yang lebih ngetren baru-baru ini. Bagaimana pandangan sains soal kunyit sebagai obat jamur?

Kucingku Muntah Bulu! Perlukah Panik?

Pernah lihat kucingmu muntah, tapi yang keluar bukan cairan atau makanan, tapi gumpalan bulu? Hairball, atau bahasa kerennya trichobezoar adalah hal yang cukup umum. Kucing menghabiskan sekitar 25% waktu bangunnya untuk grooming dengan menjilati rambut dengan lidahnya yang kasar seperti ditutupi kait. Karena itu, tidak heran kalau banyak rambut yang tersangkut di lidah dan tertelan. … Continue reading Kucingku Muntah Bulu! Perlukah Panik?

Kucing Panleukopenia, Anjing Parvo, Bagaimana Memberi Makan Mereka?

Sekarang, jika kucing atau anjing mengalami gejala parvovirus (panleukopenia pada kucing) diare, muntah, dan tidak mau makan, insting pertama pemilik hewan adalah menyuap makan dengan spoit tanpa jarum. Belum terlalu lama sebelumnya, saran yang umum dilakukan justru sebaliknya; jangan memberi makan dan biarkan saluran cerna mereka beristirahat. Saran ini berubah seiring banyaknya bukti ilmiah yang … Continue reading Kucing Panleukopenia, Anjing Parvo, Bagaimana Memberi Makan Mereka?

Tidak, Kucingmu Tidak Membawakanmu Hadiah

Beberapa kucing senang memburu hewan yang lebih kecil (atau mengambil makanan tetangga) lalu membawanya pulang ke kaki pemiliknya. Kemudian, pemiliknya bisa jadi terkejut, jijik, atau malah bangga karena kucingnya bisa “mencari nafkah” atau “membawa hadiah” untuk pemiliknya. Sayangnya, mereka tidak membawa pulang hadiah karena peduli pada pemilinya. Mereka tidak peduli sama sekali.

Pet Food Bikin Kanker? Mengenal Reaksi Maillard

“Makanan komersil bikin (kanker, diabetes, obesitas, penyakit kronis)!”
Klaim seperti ini sering disebut oleh pengguna diet alternatif (seperti homemade food dan raw food). Ada cukup banyak bukti epidemiologis yang tersedia untuk mendukung atau membantahnya, tetapi bukan itu yang ingin saya bahas saat ini. Yang ingin saya bahas: jika memang makanan kering atau komersil menyebabkan berbagai penyakit, bagaimana prosesnya?

Kesalahan Memberi Makan Anjing & Kucing Bunting, Menyusui, dan Anakan

Setelah melahirkan dan menyusui, induk anjing atau kucing sering menjadi kurus dan rambutnya rontok. Bahkan, dalam beberapa kasus, mereka sampai meninggal karena malnutrisi. Kebutuhan nutrisi pada masa reproduksi dan menyusui tidak bisa disamakan dengan kucing dewasa. Pada masa-masa ini, kebutuhan nutrisi sangat demanding. Sayangnya, banyak pemilik hewan yang belum tahu apa yang membedakan kebutuhan nutrisi mereka, sehingga sering terjadi kesalahan berikut.

Keseraman Pengawet dalam Pet Food

Bagaimana makanan hewan komersil kering maupun basah bisa bertahan berbulan-bulan hingga bertahun-tahun? Pasti ada pengawetnya! Dari kecil, kita (atau saya, sih) sering dengar kalau pengawet dalam makanan itu berbahaya, bisa menyebabkan kanker. Di makanan hewan pun, desas-desus serupa sering terdengar. Jika ini benar, tentu berbahaya sekali, mengingat anjing atau kucing makan makanan komersil setiap hari dalam porsi besar, bukan seperti kita yang makan cemilan hanya sesekali.

Suplemen Glukosamin untuk FLUTD: Apa Bukti Ilmiahnya?

Susah kencing atau FLUTD adalah salah satu penyakit langganan kucing Indonesia. Selama pengobatan, seringkali kucing juga diberi suplemen glukosamin untuk mempercepat persembuhan. Suplemen ini tidak murah; salah satu merk suplemen GAG untuk kucing FLUTD harganya harganya di atas 10 ribu rupiah per kapsul. Karena itu, penting untuk tahu apakah suplemen ini benar-benar bermanfaat.

Loading…

Something went wrong. Please refresh the page and/or try again.