Processing…
Success! You're on the list.

Mitos Jamur pada Hewan: Suntik Jamur

Ringkasan: Suntik jamur teorinya memang ada, tetapi prakteknya sangat jarang dipakai di klinik hewan, jadi sama saja tidak ada. Kalau ada yang menawarkan suntik jamur, kemungkinan isinya adalah obat antiparasit atau vitamin doang. Oh iya, ada sih vaksin jamur, tapi mending ga usah juga. Beberapa orang mengobati jamur dengan kunyit, tapi buat sebagian orang, mengobati … Continue reading Mitos Jamur pada Hewan: Suntik Jamur

Mitos Jamur pada Hewan: Kunyit

Jamuran adalah penyakit kulit langganan di kucing dan anjing. Saking langganannya, beberapa orang jadi kreatif mencari cara mengobati kucingnya dengan cara apa pun selain ke dokter hewan. Cara demikian yang paling umum adalah virgin coconut oil (VCO), yang sudah pernah saya bahas, dan kunyit, yang lebih ngetren baru-baru ini. Bagaimana pandangan sains soal kunyit sebagai obat jamur?

Kucingku Muntah Bulu! Perlukah Panik?

Pernah lihat kucingmu muntah, tapi yang keluar bukan cairan atau makanan, tapi gumpalan bulu? Hairball, atau bahasa kerennya trichobezoar adalah hal yang cukup umum. Kucing menghabiskan sekitar 25% waktu bangunnya untuk grooming dengan menjilati rambut dengan lidahnya yang kasar seperti ditutupi kait. Karena itu, tidak heran kalau banyak rambut yang tersangkut di lidah dan tertelan. … Continue reading Kucingku Muntah Bulu! Perlukah Panik?

Kucing Panleukopenia, Anjing Parvo, Bagaimana Memberi Makan Mereka?

Sekarang, jika kucing atau anjing mengalami gejala parvovirus (panleukopenia pada kucing) diare, muntah, dan tidak mau makan, insting pertama pemilik hewan adalah menyuap makan dengan spoit tanpa jarum. Belum terlalu lama sebelumnya, saran yang umum dilakukan justru sebaliknya; jangan memberi makan dan biarkan saluran cerna mereka beristirahat. Saran ini berubah seiring banyaknya bukti ilmiah yang … Continue reading Kucing Panleukopenia, Anjing Parvo, Bagaimana Memberi Makan Mereka?

Tidak, Kucingmu Tidak Membawakanmu Hadiah

Beberapa kucing senang memburu hewan yang lebih kecil (atau mengambil makanan tetangga) lalu membawanya pulang ke kaki pemiliknya. Kemudian, pemiliknya bisa jadi terkejut, jijik, atau malah bangga karena kucingnya bisa “mencari nafkah” atau “membawa hadiah” untuk pemiliknya. Sayangnya, mereka tidak membawa pulang hadiah karena peduli pada pemilinya. Mereka tidak peduli sama sekali.

Makanan Kering Bikin Kanker? Mengenal Reaksi Maillard

“Makanan komersil bikin (kanker, diabetes, obesitas, penyakit kronis)!”
Klaim seperti ini sering disebut oleh pengguna diet alternatif (seperti homemade food dan raw food). Ada cukup banyak bukti epidemiologis yang tersedia untuk mendukung atau membantahnya, tetapi bukan itu yang ingin saya bahas saat ini. Yang ingin saya bahas: jika memang makanan kering atau komersil menyebabkan berbagai penyakit, bagaimana prosesnya?

Kesalahan Memberi Makan Anjing & Kucing Bunting, Menyusui, dan Anakan

Setelah melahirkan dan menyusui, induk anjing atau kucing sering menjadi kurus dan rambutnya rontok. Bahkan, dalam beberapa kasus, mereka sampai meninggal karena malnutrisi. Kebutuhan nutrisi pada masa reproduksi dan menyusui tidak bisa disamakan dengan kucing dewasa. Pada masa-masa ini, kebutuhan nutrisi sangat demanding. Sayangnya, banyak pemilik hewan yang belum tahu apa yang membedakan kebutuhan nutrisi mereka, sehingga sering terjadi kesalahan berikut.

Keseraman Pengawet dalam Pet Food

Bagaimana makanan hewan komersil kering maupun basah bisa bertahan berbulan-bulan hingga bertahun-tahun? Pasti ada pengawetnya! Dari kecil, kita (atau saya, sih) sering dengar kalau pengawet dalam makanan itu berbahaya, bisa menyebabkan kanker. Di makanan hewan pun, desas-desus serupa sering terdengar. Jika ini benar, tentu berbahaya sekali, mengingat anjing atau kucing makan makanan komersil setiap hari dalam porsi besar, bukan seperti kita yang makan cemilan hanya sesekali.

Suplemen Glukosamin untuk FLUTD: Apa Bukti Ilmiahnya?

Susah kencing atau FLUTD adalah salah satu penyakit langganan kucing Indonesia. Selama pengobatan, seringkali kucing juga diberi suplemen glukosamin untuk mempercepat persembuhan. Suplemen ini tidak murah; salah satu merk suplemen GAG untuk kucing FLUTD harganya harganya di atas 10 ribu rupiah per kapsul. Karena itu, penting untuk tahu apakah suplemen ini benar-benar bermanfaat.

Makanan Grain Free dan Gangguan Jantung

Dalam belasan tahun terakhir, makanan hewan grain-free menjadi sangat populer. Namun, popularitas ini mulai redup di tahun 2018 dan 2019 (1), sejak FDA Amerika Serikat mulai menginvestigasi hubungan makanan BEG (boutique, exotic, grain-free) dengan dilated cardiomyopathy (DCM).

DCM adalah salah satu masalah jantung yang fatal pada anjing, di mana otot jantung mulai rusak dan melemah, sehingga kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh.

Stop Baca Persentase Protein di Makanan Hewanmu

Saya sering dengar kalau persentase protein di bisa jadi penentu bagus tidaknya makanan hewan. Saya tidak terlalu peduli berapa persentase protein atau protein kasar, dan saran saya, kamu juga tidak perlu peduli. Kalau masih dalam satu merk, membandingkan persentase protein mungkin masih ada gunanya, tapi kalau berbeda merk, lupakan saja. Tidak ada gunanya. Kenapa?

Memberi Treats dengan Aman

Sama seperti manusia, hewan peliharaan kita suka tidak tahan dengan godaan treats (aka snack). Kadang, mereka tergoda separah itu, sampai mereka tidak nafsu makan makanan aslinya. Apakah ini bahaya? Jelas. Kebanyakan treats nutrisinya tidak lengkap dan seimbang. Bagaimana seharusnya kita memberi treats tanpa mengacaukan asupan nutrisi mereka?

Plasma Konvalesen untuk Anjing dan Kucing?

Plasma konvalesen. Akhir-akhir ini, kata tersebut sering muncul sebagai salah satu opsi pengobatan COVID-19. Plasma adalah bagian darah yang mengandung antibodi, sehingga diharapkan pasien penderita COVID-19 bisa membaik jika diberi plasma dari penyintas yang punya antibodi terhadap virus SARS-CoV-2. Meski begitu, penggunaan plasma konvalesen sepertinya tidak membawa banyak manfaat dalam pandemi ini (1). Namun, saya … Continue reading Plasma Konvalesen untuk Anjing dan Kucing?

Tempe Untuk Kucing Diare? Boleh Saja, Kalau …

Kucing di Indonesia unik-unik. Mereka satu-satunya populasi kucing dunia yang makan tempe. Bahkan, di sini, tempe bisa sekalian jadi obat diare. Praktik ini cukup mengundang kontroversi, baik di kalangan pemilik kucing maupun dokter hewan. Bagaimana pengetahuan kita saat ini tentang tempe, kucing, dan diare memandang praktik pemberian tempe sebagai obat diare kucing?

Makanan Terapetik (Vet Diet) Tidak Boleh Dibeli Sembarangan: Contoh dari Urinary dan Gastrointestinal

Budi, seorang pemilik kucing panik dan bingung harus apa karena kucingnya kesulitan pipis. Dia pun bertanya ke sosial media dan grup pecinta hewan. Tidak lupa pesan: jangan suruh ke dokter hewan, soalnya ga ada duit. Dibalaslah oleh beberapa pemilik hewan baik hati: belikan RC Urinary S/O saja. Dulu kucing saya susah pipis, dikasih itu, sembuh. Dengan penuh harap, Budi langsung checkout Urinary S/O 400 gram.

Makanan Hewan yang Mengandung Antibodi Telur, IgY

Sebelumnya, saya pernah membahas bagaimana tidak bergunanya suplemen penambah imun yang berbahan dasar antibodi, karena prinsip kerjanya bertentangan dengan imunologi dasar. Namun, ada beberapa produk makanan hewan ternama yang mengandung antibodi. Apakah makanan-makanan ini juga tidak berguna, sama seperti suplemen antibodi?

Apa yang Membuat Nutrisi Kucing Unik?

Kucing, sang karnivora sejati, tentu tidak sama kebutuhan nutrisinya dengan manusia. Apa saja perbedaannya anatomi dan morfolginya? Bagaimana perbedaan tersebut memengaruhi kebutuhan nutrisi kucing? Bicara nutrisi pasti tidak lepas dari sistem pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus. Ternyata, sistem pencernaan kucing dan manusia memang berbeda.

Suplemen Antibodi, Bisa Pengaruhi Imun?

Beberapa waktu lalu, saya melihat sebuah produk suplemen imun untuk hewan. Bahannya? Antibodi dari telur (imunoglobulin Y, IgY). Harganya mahal, lebih mahal dari transfer factor, yang menurut saya sudah mahal. Setelah membaca detil produk tersebut—penjelasan dan penelitiannya, saya mengernyitkan dahi. Terlalu banyak pertanyaan yang tidak terjawab dalam pikiran saya tentang kerja produk ini.

Asam Amino dalam Kaca Pembesar

Asam amino adalah bahan baku penyusun protein. Kita tahu bahwa anjing dan kucing butuh protein yang cukup banyak, lebih banyak dari manusia. Namun, sesungguhnya yang mereka butuhkan adalah asam amino yang menyusun protein, bukan protein itu sendiri. Ada dua puluhan asam amino dalam tubuh hewan, tetapi anjing hanya butuh 10 jenis asam amino dalam makanannya, … Continue reading Asam Amino dalam Kaca Pembesar

Cocok-Cocokan Makanan Kucing: Rasa Apa yang Disukai Kucing?

Saya sering dengar kalimat “makanan kucing itu cocok-cocokan”. Setelah saya selidiki, yang dimaksud makanan cocok itu ada kriterianya: kucingnya mau makan, kotorannya bagus, dan kucingnya sehat. Walaupun kedengarannya seperti jodoh, tidak bisa ditebak, makanan kucing tidak serandom jodoh. Ada penjelasan ilmiahnya, kenapa kucing suka satu makanan tapi tidak suka makanan lain; kenapa kotorannya lembek dan … Continue reading Cocok-Cocokan Makanan Kucing: Rasa Apa yang Disukai Kucing?

Makanan Murah dan Magnesium Bikin FLUTD? Hubungan Nutrisi dan Kesehatan Saluran Kemih

Susah pipis atau feline lower urinary tract disease (FLUTD) adalah salah satu masalah yang paling sering menyerang kucing Indonesia. Jika ada pasien datang ke klinik dengan gejala tersebut, dokter hewan hampir selalu akan meresepkan makanan khusus (vet diet) yang berlabel Urinary. Apa yang membedakan makanan tersebut dari makanan biasa? Haruskah kucing FLUTD menggunakan makanan Urinary?

Kucingmu Gatal? Kemungkinan Besar Bukan Alergi Makanan!

Kalau ada kucing atau anjing dengan kulit kemerahan, gatal, rambut rontok, alergi makanan sering jadi kambing hitam pertama. Padahal, alergi makanan adalah kondisi yang jarang, mungkin hanya menyerang 1-2% dari semua kucing atau anjing. Dari kucing atau anjing yang mengalami gatal pun, hanya 10 sampai 20 persennya yang betul-betul menderita alergi makanan. Lebih banyak hewan … Continue reading Kucingmu Gatal? Kemungkinan Besar Bukan Alergi Makanan!

Makan Daging Saja Bahaya untuk Kucing

Kucing adalah karnivora, maka makanan utama mereka adalah daging. Karena sebutan karnivora ini, beberapa orang jadi beranggapan kucing hanya perlu makan daging saja, entah itu dada ayam atau ikan pindang. Ini adalah praktik yang membahayakan bagi kucing, karena nutrisi dalam daging saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Apa arti karnivora?Bicara karnivora bisa berarti … Continue reading Makan Daging Saja Bahaya untuk Kucing

Memilih Hay untuk Kelinci dan Marmut

Sebelumnya, saya sudah pernah membahas hay di sini. Hay adalah komponen utama makanan kelinci dan marmut, jadi harus selalu tersedia untuk mereka. Ada anggapan bahwa kelinci atau marmut yadalah hewan yang mudah mati mendadak, padahal itu karena pemberian nutrisi yang tidak benar. Kenapa harus memberi hay? Kesehatan saluran cerna. Kekurangan serat dari hay bisa membuat … Continue reading Memilih Hay untuk Kelinci dan Marmut

Kucing dan Anjing Gendut, Dietnya Makan Apa?

Meskinpun kucing atau anjing gendut itu lucu, berat badan berlebih tidak sehat untuk mereka, sama seperti manusia. Kelebihan berat badan atau obesitas ditandai dengan menumpuknya jaringan lemak di tubuh hewan. Jaringan lemak ini aktif mengeluarkan zat-zat yang memicu peradangan. Akibatnya, tubuh hewan yang obesitas akan selalu ada dalam keadaan radang kronis. Karena itu, hewan yang … Continue reading Kucing dan Anjing Gendut, Dietnya Makan Apa?

Madu untuk Kucing dan Anjing

Apakah madu baik untuk kucing dan anjing? Apakah kucing dan anjing boleh diberi madu? Sayangnya, literatur tentang ini sangat terbatas. Banyak penelitian yang membahas madu manuka sebagai pembalut luka, tapi jarang sekali ada penelitian yang membahas pemberian madu sebagai bagian makanan kucing dan anjing.

Kendati demikian, apa yang bisa kita simpulkan dari data dasar mengenai fisiologi dan nutrisi mereka?

Kucing Boleh Makan Nasi? Tinjauan Kucing dan Karbohidrat

Apakah kucing boleh makan nasi?Jawaban singkat: Boleh. Nasi sering jadi bagian dari makanan komersil kucing, dry food maupun wet food. Namun, tidak disarankan untuk memberi nasi sendiri di luar itu: nasi dengan ikan, nasi dengan dry food, nasi campur wet food atau sejenisnya, kecuali berdasarkan arahan ahli nutrisi (veterinary nutritionist). Saya sering dengar kucing tidak … Continue reading Kucing Boleh Makan Nasi? Tinjauan Kucing dan Karbohidrat

Apakah Transfer Factor Berguna Untuk Kucing dan Anjing?

“Suplemen imunitas” ini mulanya adalah produk untuk manusia, tapi entah sejak kapan, perusahaan yang membuatnya juga memproduksi subset produk untuk kucing dan anjing. Meski begitu, di e-commerce, saya lihat banyak yang menjual Transfer Factor manusia untuk kucing. Saya tidak tahu beda keduanya, tapi menurut saya seharusnya isinya sama. Produk ini biasa dijual melalui skema MLM di manusia.

Mikronutrien 1: Vitamin Larut Lemak

Selain makronutrien protein, lemak, dan karbohidrat, ada pula mikronutrien, yakni vitamin dan mineral di makanan hewan (dan manusia). Mikronutrien disebut mikro karena jumlahnya memang kecil, tetapi bukan berarti tidak penting. Kekurangan satu saja vitamin atau mineral penting pasti membawa dampak buruk bagi tubuh. Namun, mikronutrien maupun makronutrien sudah tersedia dalam jumlah seharusnya di makanan komersil … Continue reading Mikronutrien 1: Vitamin Larut Lemak

Loading…

Something went wrong. Please refresh the page and/or try again.